Up to date
Home » SINTA (Sistem Indeksasi dan sitasi) » Sistem Indeksasi SINTA
Sistem Indeksasi SINTA

Sistem Indeksasi SINTA

Apa Itu Sistem Indeksasi SINTA?

            Pada tanggal 28 Agusuts 2017 merupakan salah satu agenda saya dalam mengikuti workshop pengelolaan e-journal, Khususnya pengenalan tentang sistem indeksasi SINTA dan IPI Portal Garuda. Saya begitu antusias dalam mengikuti workshop tersebut karena langsung di pandu oleh Imam Much Ibnu Subroto, ST, M.Sc., Ph.D, salah satu founder Sistem Indeksasi SINTA.

            Sistem Indeksasi SINTA merupakan sebuah portal system informasi penelitian berbasis website yang menjadi wahana yang dapat menjembatani publikasi bagi dosen dan peneliti serta menjadi media yang dirujuk dalam regulasi di lingkungan KementrianRiset , Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Sistem Indeksasi SINTA akan menjadi Pusat sistem indeksi dan sitasi di indonesia. Sistem Indeksasi SINTA kini memiliki fitur yang sangat “fantastis” karena menyediakan benchmark dan analisis, mengidentifikasi kekuatan riset tiap institusi, memperlihatkan kolaborasi peneliti dan menganalisis trend penelitian.

            Latar belakang dikenalkannya Sistem Indeksasi SINTA diantaranya karena rendahnya jumlah publikasi jurnal internasional anak bangsa. Bersumber dari SCIMAGO JR, jumlah publikasi internasional SCOPUS di indonesia tahun 2015 hanya berjumlah 6280. Sedangkan di Negara Malaysia 23414, Thailand 11632, dan di Pakistan 10962. Selain itu  Dengan adanya Sistem Indeksasi SINTA ini diharapkan bisa memacu dan menjebatani para dosen maupun peneliti dalam menulis jurnal penelitian. Sehingganya bisa menumbuhkan daya saing dalam Publikasi Jurnal Internasional.

Apa Keunggulan Sistem Indeksasi SINTA?

Keunggulan Sistem Indeksasi SINTA saati ini memiliki fitur yang “Fantastis”  karena secara langsung jurnal yang telah di indeks kan di Google Schoolar, Indonesian Publication Index (IPI Portal Garuda), InaSTI, bahkan Scopus akan secara otomatis terindex di SINTA. Tentunya Jurnal yang sudah terindeks di SINTA akan menjadi analisis kinerja dosen dalam kolaborasi penelitian dan trend penelitian.

Bagaimana Perkembangan Sistem Indeksasi SINTA saati ini?

            Perkembangan Sistem Indeksasi SINTA dari pertama kali di publikasikan 30 Januari 2017 sampai saat ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, dan setiap tahunnya di prediksi akan terus meningkat. Karena bisa dilihat dari jumlah yang mengakses SINTA hingga saati ini sudah lebih dari 78.644.768 Orang, meliputi negara Amerika 24 Juta, Eropa 545 Ribu, ASIA (diluar Indonesia) 40 Juta, Afrika 3.879, Indonesia 14 Juta dan di negara laiinya 95.889 Juta. Dari  jumlah pendaftar sebagai author, Institusi dan indeks jurnal juga akan meningkat pesat. Sedangkan dari jumlah journal yang sudah tersinkronisasi oleh sinta sudah 959 journal. Hal ini lah yang seharusnya patut di apresiasikan kepada Tim IAES (Indonesian of Advanced Enginerring and Science) dan RISTEKDITKI yang telah menjadikan Sistem Indeksasi SINTA  menjadi rujukan oleh para peneliti maupun institusi untuk mengevaluasi kinerja publikasi jurnal ilmiah dan sitasi jurnal di Indonesia. Sehingganya diharapkan karya penelitian anak – anak bangsa akan dikenal di dunia internasional.

Bagaimana Mendaftar di Sistem Indeksasi SINTA?

            Mendaftar di Sistem Indeksasi SINTA sangatlah mudah jika telah memenuhi persyaratan sebagai berikut, diantaranya adalah Dosen Tetap Mempunyai NIDN, Perguruan Tinggi/Institusi tentunya telah terdaftar di Indonesia, Mempunyai Akun Google Schoolar yang berstatus “Public”, Mempunyai alamat email institusi yang valid, dan yang pastinya telah lolos seleksi oleh TIM SINTA RISTEKDITI. Selanjutnya untuk mendaftar di Akun Sistem Indeksasi SINTA bisa di akses langsung melalui http://sinta2.ristekditi.go.id/ atau ikuti petunjuk – petunjuknya di SINI (Mendaftar SINTA)

 

DOWNLOAD CARA MENDAFTAR SINTA DI SINI!!

 

 

FUNGSI SINTA

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
}

Copyright © 2014 Hono Joe. All Rights Reserved.


Educational Site by Hono Joe