Up to date
Fungsi SINTA

Fungsi SINTA

Fungsi SINTA

            Sinta adalah portal yang dikembangkan oleh Kementrian Riset, Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi dalam rangka upaya meningkatkan publikasi jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional dan sebagai pengukuran kinerja Ilmpu Pengetahuan dan Tekhnologi  yang meliputi kinerja dosen dan peneliti, kinerja jurnal dan kinerja institusi. Sedangkan Fungsi SINTA meliputi:

1.      Mendata Publikasi dan Sitasi Akademisi dan Peneliti Indonesia

Pada poin ini Author yang sudah mendaftar di Google Scholar, IPI Portal Garuda, dan SCOPUS akan mendapatkan ID Author. Sehingganya Jurnal yang sudah terindeks di Google Scholar, IPI Portal Garuda, dan Scopus secara otomatis akan ter sinkronisasikan dengan Sistem Indeksasi SINTA. Sehingganya hasil publikasi akan tercatat di Home Base SINTA. Sehingganya Jumlah jurnal yang terindex di SINTA akan menjadi analisis kinerja dosen dalam publikasi jurnal ilmiahnya dan menilai “Author Collaboration Network” atatu kolaborasi penelitian dan trend penelitian.

2.      Menilai Kinerja Jurnal berdasarkan Standar akreditasi dan sitasi

Pada Poin ini, Jurnal yang ada pada institusi atau perguruan tinggi yang sudah OJS (Open Journal System) dan jika sudah layak (melakukan evaluasi diri di portal ARJUNA) harus mendaftar di jurnal ARJUNA. Sehingganya Jurnal yang ada di Institusi / Perguruan Tinggi akan dievaluasi oleh tim jurnal dengan hasil grading SINTA dengan kriteria Sinta 1, Sinta 2, Sinta 3, Sinta 4, Sinta 5, dan Sinta 6. Berikut ini penjelasan kriteria grade Sinta:

3.      Melihat analisis profil institusi, penulis dan jurnal

Pada poin ini, Sinta memberikan benchmark dan analisis, mengidentifikasi kekuatan riset tiap institusi, memperlihatkan kolaborasi peneliti dan menganalisis trend penelitian serta memperlihatkan analisis jurnal

4.      SINTA metricks

Pada poin ini, Sistem indeksasi Sinta memberikan Top 50 Author and Top 200 Affiliation, yang artinya adalah memperlihatkan analisa pemeringkat institusi, jurnal, dan Penulis.

5.      Memantau kinerja publikasi Dosen dan Peneliti

Pada Poin ini, SINTA mendata semua publikasi jurnal authors yang sudah terindek di Google Sholar, IPI Portal Garuda,Scopus

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top
}

Copyright © 2014 Hono Joe. All Rights Reserved.


Educational Site by Hono Joe